Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Sering Minder? Coba 6 Tips Ini Agar Kamu Tetap Tampil Percaya Diri

Sering Minder? Coba 6 Tips Ini Agar Kamu Tetap Tampil Percaya Diri
Fashion

Sering Minder? Coba 6 Tips Ini Agar Kamu Tetap Tampil Percaya Diri

“Ah! aku malu kalau banyak orang…” “aku kan gak bisa seperti itu…” “cantik banget dia, beda sama aku..” hayooo! Siapa nih yang sering merasa minder seperti itu?

Banyak diantara kita yang merasa kurang pada apa yang telah kita miliki saat ini. Baik melalui kesempurnaan fisik, pekerjaan, kemampuan hingga berbagai bidang kehidupan lainnya, sehingga membuat kita sering merasa minder dan tampil tidak percaya diri. Seperti tidak berani tampil dan berbicara di depan umum, tidak berani memulai obrolan dengan orang sekitar, atau bahkan malu untuk mengungkapkan sesuatu yang sebenarnya kita inginkan. Sebenarnya, rasa tidak percaya diri itu wajar dan bisa di rasakan setiap orang dalam keadaan tertentu. Namun, bisa kamu lawan agar kamu tetap tampil percaya diri di berbagai keadaan kok, Fams!

Pengertian dari percaya diri adalah ketika seseorang mengakui kemampuan untuk melakukan suatu hal, mencintai kelebihan yang ada dalam dirinya dan mampu menutupi kekurangannya dengan hal-hal positif. Namun, banyak orang yang tidak sadar akan kemampuan dan kelebihannya itu, padahal hal tersebut bisa menjadi kekuatan bagi dirinya. Percaya atau tidak, saat kamu mampu tampil percaya diri, kamu akan lebih banyak memiliki kesempatan untuk mencapai goals dalam hidupmu. Sedangkan rasa minder seringkali membuatmu sulit beradaptasi dengan lingkungan baru yang menyebabkan kamu kehilangan banyak kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Penyebab rasa minder sendiri seringkali datang dari lingkungan yang tidak sesuai dengan diri kita, membuat kita berpikiran negatif dan selalu melihat kelebihan orang lain dibandingkan kelebihan kita sendiri, sehingga tidak percaya diri dan merasa minder. Padahal, setiap orang yang terlahir ke dunia itu unik dan spesial dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, termasuk kamu, Fams! Nah, jika kamu sering merasa minder, yuk coba 6 tips ini agar kamu tetap tampil percaya diri!

 

6 Tips Agar Kamu Tetap Tampil Percaya Diri 

 tetap-tampil-percaya-diri

  1. Bersyukur

Tips pertama yang paling ampuh agar kamu tetap tampil percaya diri adalah dengan memperbanyak rasa syukur atas nikmat dan karunia Sang Pencipta yang telah diberikan-Nya. Lewat rasa syukur, kamu akan lebih menghargai dan mencintai apa yang telah kamu miliki saat ini. Awali setiap harimu dengan rasa syukur untuk setiap hal, seperti kondisi kesehatan, rezeki, keluarga dan banyak hal lainnya yang patut kamu syukuri. Sehingga, kamu pun bisa tampil percaya diri dengan segala kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki saat ini, Fams! 

  1. Kenali diri sendiri

Tips yang kedua agar kamu tetap tampil percaya diri adalah dengan mengenali diri kamu sendiri. Tips ini penting loh, Fams!

Kamu harus mengetahui apa saja yang menjadi hal-hal penting dalam hidupmu, seperti apa yang bisa membuatmu nyaman, apa yang bisa membuatmu bahagia, apa yang paling kamu kuasai dalam suatu hal, dan apa yang dapat menjadikan kamu semangat untuk menjalani hari-hari.

Dengan mengenali diri sendiri, kamu bisa mengukur kemampuan-mu sehingga kamu pun fokus untuk lebih menggali potensi yang ada dalam diri kamu dan bisa meningkatkan rasa percaya diri, Fams! 

  1. Pilih lingkungan yang tepat

Setelah mengenali diri sendiri, kamu akan tahu lingkungan mana yang bisa kamu masuki dan lingkungan mana yang harus kamu batasi. Pilih lingkungan yang tepat sesuai dengan kemampuan dan kelebihanmu, yang bisa menjadikan keduanya lebih baik lagi, sehingga kamu merasa lebih berarti dan bangga dengan apa yang kamu miliki.Dengan begitu, kamu pun dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Memilih lingkungan yang tepat, bukan berarti kamu tidak bisa bergaul dengan siapa saja, kamu tetap harus bergaul untuk memperluas relasi, yang terpenting jangan biarkan rasa percaya dirimu hilang hanya karena berada di lingkungan yang salah, ya? 

  1. Berhenti membanding-bandingkan

Tips tetap tampil percaya diri yang selanjutnya adalah dengan berhenti membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain di lingkungan sekitar. Jangan iri dengan pencapaian orang lain yang lebih baik darimu saat ini, karena kamu pun bisa melakukan hal yang sama jika kamu mau berusaha, atau malah kamu bisa lebih baik dirinya? Percayalah, bahwa setiap orang itu punya porsinya masing-masing. Akan selalu ada orang yang “lebih” dari kita, dan ada orang yang selalu “kurang” dari kita.

Sehingga, jika kita masih membandingkan hidup kita dengan orang lain, maka tidak akan ada habisnya. Jadi, stop untuk membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, agar kamu tetap percaya diri ya, Fams? 

  1. Selalu berpikir positif

Berpikir positif adalah kunci agar hidup bahagia. Yap! dengan berpikir positif, setiap hal yang kamu lalui akan terasa menyenangkan dan jauh dari rasa takut dan cemas saat akan melakukan berbagai kegiatan.

Saat kamu merasa minder dan tidak percaya diri atas kemampuan yang kamu miliki, cobalah untuk berpikir positif bahwa kamu bisa dan kamu mampu untuk melakukan setiap hal yang harus kamu lalui. Jangan berpikiran tentang penilaian buruk orang lain terhadap diri kamu, karena itu bisa membuatmu semakin minder dan merasa tidak memiliki kemampuan apa-apa. Tapi, jadikanlah penilaian dan komentar orang lain itu sebagai motivasi agar kamu mampu menjadi lebih baik di kemudian hari. Dengan begitu, kamu juga bisa tetap tampil percaya diri tanpa menghiraukan kecemasan dan ketakutan yang akan kamu hadapi. 

  1. Tampil lebih menarik

tampil-percaya-diri

Tips selanjutnya agar kamu tetap tampil percaya diri adalah merubah penampilanmu menjadi lebih menarik. Tampil menarik, bukan berarti kamu harus cantik. Tapi, kamu bisa memulai dengan lebih memperhatikan kebersihan penampilanmu, seperti mandi minimal 2 kali sehari, mencuci rambut secara rutin, mencuci muka secara rutin, menggunakan busana yang rapi dan bersih sehingga penampilanmu terlihat lebih fresh dan kamu pun lebih nyaman saat berkegiatan. Saat merasa nyaman, kamu bisa meningkatkan rasa percaya diri loh, Fams!

Selain menjaga kebersihan tubuh dan busana yang kamu kenakan, kamu juga perlu memilih busana yang nyaman dan cocok sesuai kegiatan yang akan kamu lakukan. Misalnya, memilih homewear dengan materialnya yang nyaman dan modelnya yang cantik untuk berkegiatan dirumah seperti “Rillia Homewear” dari Elzatta, memilih busana tunik dan celana yang matching dan nyaman untuk pergi bekerja, atau memilih gamis festive yang cantik dan menawan untuk menghadiri berbagai acara istimewa seperti pada koleksi “Gamis Margia” dan “Gamis Asteria” yang cocok dipadukan dengan koleksi scarf printing premium dari Elzatta.

Nah, saat kamu merasa nyaman dengan busana yang kamu kenakan, maka kamu juga akan tampil semakin percaya diri, apalagi dengan koleksi cantik dari busana Elzatta Hijab!

Itulah beberapa tips bagi kamu yang sering merasa minder, agar kamu tetap tampil percaya diri di setiap kesempatan. Jadi, berhentilah untuk menilai buruk diri sendiri dan coba lebih mensyukuri atas segala yang telah kamu miliki saat ini. Karena, setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang membuat mereka tampak unik dan istimewa. Selamat mencoba 6 tips diatas ya, Fams!

Leave a comment

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

All comments are moderated before being published.

Read more

Langkah aman hadiri acara istimewa bersama keluarga, di era new normal
bersama keluarga

Langkah aman hadiri acara istimewa bersama keluarga, di era new normal

Agar tetap aman dan nyaman saat menghadiri berbagai acara istimewa, Elzatta mau berbagi info mengenai langkah aman hadiri acara istimewa bersama keluarga, di era new normal. Apa saja sih? Yuk kita ...

Read more
Kenal Lebih Dekat dengan Anak Autistik, Elzatta Gelar Seminar Bersama Komunitas Peduli ASD

Kenal Lebih Dekat dengan Anak Autistik, Elzatta Gelar Seminar Bersama Komunitas Peduli ASD

Jakarta, 11 November 2023 - Hadir dengan koleksi Elzatta x Teman Spesial yang berkolaborasi dengan anak autistik, Elzatta, pioneer brand lokal fashion muslim Indonesia, gelar seminar bersama Komuni...

Read more