Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: A Line

A Line

A Line

Istilah A Line begitu familiar untuk kita, pecinta fashion. Tak terkecuali, buat mereka yang bukan pemerhati fashion, pasti pernah mendengar istilah siluet A line, gamis A line ataupun rok A line.

 

Bentuk A line ini mudah dipahami, karena apa yang disebutkan sama dengan yang dimaksud. "A" berarti semua siluet busana yang bentuknya mekar atau melebar di bagian bawah seperti halnya bentuk huruf "A" kapital.

 

Dalam gamis, garis A line dimulai dari bahu kemudian mulai melebar ke bawah dengan bagian pinggang dan pinggul longgar. Sedangkan untuk rok, titik mula A line adalah di pinggang dan terus melebar hingga ujung bawah rok.

 

Potongan melebar ini biasanya disebabkan kupnat, atau bantuan lipit-lipit, atau memang polanya sengaja dibentuk menyerupai huruf "A".

 

Siluet A line sesuai untuk semua bentuk tubuh wanita. Ingat gamis ikonnya Elzatta, Azra? Nah itulah contoh gamis dengan siluet A line.

 

Ditelusuri dalam sejarah fashion, siluet A line pertama kali diciptakan oleh desainer Christian Dior di tahun 1955 dalam rok A line-nya. Saking epic-nya, rok ini dikenang sebagai salah satu revolusi fashion.

 

Kemudian di tahun 1958, bekas asistennya, Yves Saint Laurent, membuat rancangan dress dengan siluet A line yang menjadi debutnya sebagai seorang desainer.

 

Di tahun 1980-an siluat A line sempat tenggelam, kalah pamor dengan siluet structured seperti blazer dengan bahu lebar pada masa itu.

 

Tetapi setelah era 80-an, siluet A line kembali digemari hingga kini dan telah menjadi siluet klasik yang disukai sepanjang masa.

Leave a comment

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

All comments are moderated before being published.

Read more

Cerita di Balik Mukena

Cerita di Balik Mukena

Tidak ada yang tahu asal muasal kata "mukena". Perlengkapan ibadah Muslimah khas Indonesia ini, pertama kali dikenalkan di zaman Walisongo.   Mukena merupakan hasil kompromi antara Walisongo dengan...

Read more

Asal Muasal Nama Bahan

Sering mendengar nama bahan seperti ceruti, paris, spandex, atau scuba? Pernahkah terpikirkan dari mana asal nama-nama itu?   Bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia akedemis khususnya di bidang ...

Read more