Cerita Sarimbit

Lebaran yang sebentar lagi tiba, tidak bisa dipisahkan dari gaya berbusana khasnya, yaitu sarimbit.

 

Walaupun sulit mencari sejarah awal sarimbit, tapi bisa dilihat bahwa sarimbit, mulanya adalah seragam yang dipakai dalam acara adat pernikahan. Di mana orangtua kedua mempelai memakai baju dan kain tradisional yang sama motif.

 

Kuat sekali indikasi sarimbit berasal dari tradisi memakai batik. Dari kain batik ini pula, kepopuleran sarimbit berasal. Produsen batik membuat bahan batik yang sudah terpola untuk kemeja pria dan pasangannya, busana wanita dan dijual dalam satu set.

 

Kini sarimbit juga dikenal dengan istilah "busana couple". Tidak lagi terbatas pada busana motif batik tapi meluas menjadi seragam untuk keluarga, mulai kakek-nenek, suami-istri, hingga anak-cucu.

 

Tradisi seragam atau sarimbit ini jadi favorit ketika lebaran tiba. Biasanya untuk keperluan dokumentasi, supaya terlihat asri dan apik.

 

Acara yang lebih kasual pun, seperti arisan dan reunian, seringkali mensyaratkan peserta dengan kode pakaian tertentu. Disebut dress code dalam dunia fashion barat, atau sarimbit dalam kearifan lokal Indonesia.

 

Apa sudah ada bayangan, akan memakai sarimbit yang seperti apa untuk merayakan Lebaran tahun ini? Yuk cari yang Fams mau di deretan Koleksi Sarimbit Elzatta.

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

What are you looking for?

Bersama Cegah Corona

Musibah pandemi Covid-19 telah menyentuh hati kita semua, bahwa tindakan sederhana yang kita lakukan, bisa berdampak luas pada kehidupan orang banyak. Seluruh jaringan Toko Elzatta mulai menerapkan anjuran Pemerintah dan WHO. Kami meningkatkan standar higienitas, serta menerapkan social distancing di dalam toko. Kami pun mulai memberlakukan Work From Home (bekerja dari rumah) secara bergiliran. Bagi Anda yang merasa nyaman berbelanja dari rumah, pembelian secara online akan tetap kami layani seperti biasa 24/7. Meski begitu kami memohon maaf, jika respon yang diberikan tidak akan secepat biasanya. Saat ini kita berhadapan dengan keadaan yang tak menentu. Musibah Covid-19 telah meluas menjadi krisis global. Namun kami selalu percaya, bahwa kehidupan terbaik harus tetap kita perjuangkan bersama. Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan kita semua kekuatan, kesabaran serta kemudahan dalam menghadapi musibah ini. Aamiin.

Your Information will never be shared with any third party.

Your cart