>
GRATIS ONGKIR MIN BELANJA 199K KODE VOUCHER : GRATISONGKIR

Evolusi Bergo

Salah satu jilbab yang mengalami perkembangan sangat signifikan di Indonesia adalah bergo, atau jilbab instan. Istilah "bergo" sendiri belum diketahui asal-usulnya. Pengertian yang sudah dipahami khalayak bahwa bergo adalah jilbab instan yang praktis cara memakainya, karena bentuknya yang sudah dijahit sedemikian rupa, sehingga bisa langsung dikenakan di kepala tanpa harus memakai peniti atau jarum pentul.

Di awal kemunculannya, model bergo sangat khas dengan pet atau bagian dahi yang dilapisi busa tipis, gunanya agar bisa tegak. Banyak pemakai jilbab yang merasa wajahnya bulat sehingga harus diimbangi dengan bentuk jilbab yang bisa memberi ilusi wajah berbentuk oval.

Pertama diperkenalkan, umumnya bergo tampil polos dengan model simple, dilengkapi detail-detail cantik berupa bordir atau payet di bagian pet. Revolusi dalam dunia jilbab ini didahului dengan dipakainya bahan jersey knitted yang stretch, sehingga tidak perlu lagi peniti atau jarum pentul di bawah dagu karena dengan sendirinya bisa menyesuaikan wajah.  

Pada perkembangan selanjutnya, bergo mulai muncul dengan berbagai detail jahitan, misalnya lipit di bahu seperti bergo zaria pleat L Alfira atau dengan tali serut agar bergo terlihat selalu rapi seperti bergo zaria sahara yang sudah jadi favorit muslimah di Indonesia.

Bosan dengan bergo polos, kemudian muncul bergo bermotif, sementara bergo dengan detail payet sudah mulai ditinggalkan. Bergo dengan print seperti bergo zaria ikata, selalu dicari untuk dipadupadankan dengan busana atau gamis polos.

Perkembangan bergo terkini adalah model yang dikombinasikan dengan selendang (pasmina) atau kerudung segi empat (scarf) tapi dipakai dengan cara instan. Tampilannya seperti memakai pasmina atau scarf, padahal cara pakainya instan layaknya memakai bergo.

Bahannya pun tak lagi jersey yang stretch, tapi sudah merambah ke chiffon crepe dengan jahitan elastis di bagian bawah dagu. Adapun model yang sedang digandrungi adalah model tumpuk. Sebetulnya ini untuk menyiasati chiffon yang tipis-sedikit menerawang, tetapi dibuat lebih menarik dengan frill atau ruffle di tepinya.

Buat penggemar jilbab panjang (syar'i), kini makin mudah mendapatkan banyak pilihan sesuai selera, tetap sesuai kaidah islam sambil bisa tampil kekinian. Model-model baru seperti apalagi yang akan muncul untuk bergo? Kita tunggu saja ya!

 

Awal munculnya bermodel simpel (zaria casual)

Bergo kini tak hanya polos, tapi juga dengan print (zaria ikata)

Detail yang makin menarik (zaria pleat L Afira)

Bergo dengan tali serut agar tetap rapi (zaria sahara)

Bergo model terkini dengan tampilan akhir seperti memakai scarf (kerudung instan L fenira)

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

What are you looking for?

Sarimbit elzatta satu set 1 Juta Rupiah

Your Information will never be shared with any third party.

Keranjang Anda