Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Memelihara Pernikahan Dalam Islam

Memelihara Pernikahan Dalam Islam
Knowledge

Memelihara Pernikahan Dalam Islam

Semua ibadah dalam Islam pasti mengandung hikmah yang baik di dalamnya. Tak terkecuali pernikahan. Begitu pentingnya pernikahan dalam Islam, sehingga ibadah ini disebut dengan ibadah penyempurna setengah agama.

Memelihara Pernikahan Islami

Pernikahan sebagai ibadah penyempurna agama

Laki-laki dan perempuan memiliki fitrah saling membutuhkan satu sama lain. Pernikahan dilakukan untuk mencapai tujuan hidup manusia dan mempertahankan keberadaanya. Menikah juga merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu, setiap insan yang hendak melakukan ibadah sakral ini, dianjurkan untuk menjaga dan merawatnya hingga akhir hayat.

Salah satu tujuan pernikahan ialah menciptakan ketenangan yang diwujudkan dengan membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah, sebagaimana Allah menjelaskan dalam Al-Qur’an Surat Ar-Rum Ayat  21:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”

Memelihara Pernikahan Islam

Umat Islam dianjurkan untuk merawat pernikahan

Ustaz Adi Hidayat menjabarkan, pernikahan bukanlah suatu hal yang menjanjikan setiap pasangan untuk selalu hidup senang. Pun, pernikahan juga bukan perkara menjalani hidup dengan kesulitan terus-menerus. Dalam rumah tangga kerap terjadi gejolak, namun kewajiban dua insan yang terikat dalam hubungan pernikahan adalah menjaganya agar tetap harmonis.

Merawat pernikahan bukanlah hal rumit bila dibangun di atas pondasi iman dan Islam. Iman yang kokoh akan melahirkan keyakinan yang kuat pada Allah SWT. Bila setiap insan yang berada di dalam bahtera rumah tangga meyakini kebesaran Allah SWT, maka keimanannya akan menjadi penolong saat dilanda kesulitan.

Memelihara Pernikahan Islam

Merawat pernikahan haruslah di atas pondasi Iman dan Islam

Setiap pasangan selayaknya mampu untuk selalu menyandarkan diri kepada Allah SWT. Memupuk keimanan, ketakwaan dan ketaatan dalam beribadah merupakan landasan utama dalam membangun rumah tangga. Dengan modal tersebut, keberkahan senantiasa melingkupi siapapun yang berada di dalam rumah tangga tersebut.

Apabila setiap pasangan hendak mendapatkan kebahagiaan yang abadi dalam pernikahan, maka hendaknya lekatkan keberkahan di dalam rumah tangga tersebut. Semoga Allah SWT senantiasa menebar keberkahan dalam rumah tangga kita semua, aamiin.

Leave a comment

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

All comments are moderated before being published.

Read more

Cara Merawat Hijab Agar Tak Cepat Rusak
hijab

Cara Merawat Hijab Agar Tak Cepat Rusak

Sebagai wanita berhijab, pastinya Fams memiliki banyak koleksi hijab di lemari. Hijab menjadi fashion item yang paling penting bagi seorang muslimah. Fashion item ini tak pernah luput dikenakan. Si...

Read more
Anti Ribet, Intip 5 Inspirasi Hijab Instan Untukmu
Fashion

Anti Ribet, Intip 5 Inspirasi Hijab Instan Untukmu

Fams, butuh waktu berapa lama untuk memakai hijab? 5 menit? 10 menit? Ternyata, mengenakan hijab bisa menjadi kegiatan yang memakan waktu juga ya, Fams. Mulai dari membentangkan hijab, menyematkan ...

Read more