Supaya Kerudung Awet, Begini Caranya

Fams, sudah punya berapa koleksi kerudung di rumah? Hem, pasti banyak. Koleksi ini sebaiknya dirawat dengan baik agar lebih awet. Caranya bagaimana? Yuk simak kiat-kiat dari saya!

  1. Pencucian

Cuci bahan kerudung segiempat dengan tangan dan tidak perlu dikucek terlalu keras karena bahan kerudung umumnya lembut. Cukup direndam selama 15 menit dalam air bersabun lembut (bukan deterjen bubuk karena bahan kimianya keras). Saya sendiri memilih sabun cuci cair yang sudah ada campuran pewangi untuk mencucinya. Khusus kerudung berbahan sutera, saya pakai shampo bayi. Setelah direndam, segera bilas ringan, jangan didiamkan semalaman.

  1. Pengeringan

Sehabis dicuci segera dijemur. Perhatikan lokasinya ya, jangan di bawah sinar matahari langsung, apalagi untuk kerudung berbahan sutera, bisa menguning bila terkena efek sinar UV.

  1. Penyetrikaan

Pasang temperatur setrika di titik medium saja. Karena bahan kerudung biasanya tidak mudah kusut. Bahkan ada beberapa bahan kerudung segiempat, misalnya polyspun yang bisa langsung dipakai tanpa harus disetrika terlebih dulu. Untuk menghemat waktu dan terlihat lebih rapi, bagi yang menyimpan kerudung dalam posisi dilipat, sebaiknya tidak menyetrika bagian lipatannya. Karena akan meninggalkan bekas lipatan di bagian tengah yang tegak saat dikenakan dengan model segitiga.

  1. Penyimpanan

Untuk kerudung yang dibuat dari 100% bahan katun atau wol, pastikan kondisinya betul-betul kering saat disimpan, agar tidak mengundang ngengat (serangga kecil). Kerudung segiempat dan pasmina sebaiknya disimpan dengan cara digantung. Gantungan khusus kerudung banyak ragamnya, ada yang berupa hanger satuan (tapi lebih makan tempat), ada juga yang 1 gantungan terdiri dari beberapa bulatan tempat menggantung kerudung (multi). Saya memilih untuk menggantung kerudung segiempat di gantungan multi dengan menyusunnya sesuai gradasi warna, Hal ini memudahkan saya ketika memilih untuk dipadankan dengan warna busana. Pasmina dan bergo instan dari bahan kaus atau rajut, saya anjurkan untuk disimpan dengan cara dilipat atau digulung agar tidak cepat mulur.

Ayo, lakukan hal ini mulai dari sekarang. Sayangi koleksi kerudungmu agar bisa sempurnakan penampilanmu.

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

What are you looking for?

Bersama Cegah Corona

Musibah pandemi Covid-19 telah menyentuh hati kita semua, bahwa tindakan sederhana yang kita lakukan, bisa berdampak luas pada kehidupan orang banyak. Seluruh jaringan Toko Elzatta mulai menerapkan anjuran Pemerintah dan WHO. Kami meningkatkan standar higienitas, serta menerapkan social distancing di dalam toko. Kami pun mulai memberlakukan Work From Home (bekerja dari rumah) secara bergiliran. Bagi Anda yang merasa nyaman berbelanja dari rumah, pembelian secara online akan tetap kami layani seperti biasa 24/7. Meski begitu kami memohon maaf, jika respon yang diberikan tidak akan secepat biasanya. Saat ini kita berhadapan dengan keadaan yang tak menentu. Musibah Covid-19 telah meluas menjadi krisis global. Namun kami selalu percaya, bahwa kehidupan terbaik harus tetap kita perjuangkan bersama. Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan kita semua kekuatan, kesabaran serta kemudahan dalam menghadapi musibah ini. Aamiin.

Your Information will never be shared with any third party.

Your cart