elzatta X Chacha Frederica klik disini

Blog Elzatta — ciput

8 Manfaat Ciput

Ciput atau inner kepala, walau sering tidak terlihat, pemakaiannya sungguh bermanfaat loh. Berikut 8 manfaat ciput yang bisa Fams rasakan, asalkan tepat bahan dan modelnya ya:

  1. Ciput menjadi penyejuk kulit kepala selama bahan yang dipilih tidak tebal sehingga udara bisa keluar-masuk dengan mudah.
  2. Ciput berbentuk bandana dapat berfungsi sebagai penyerap dan penahan keringat di bagian dahi terutama saat berolahraga.
  3. Ciput menjaga rambut tetap rapi, terutama anak rambut di sekitar garis dahi sampai pelipis, sehingga tidak mudah menjuntai keluar.
  4. Ciput memberikan sedikit volume pada tatanan kerudung.
  5. Ciput sebagai aksen bagi tampilan kerudung selama warnanya kontras dan dipakai dengan cara membiarkan bagian depannya terlihat.
  6. Ciput merupakan statement gaya berkerudung dengan variasi detailnya.
  7. Ciput model ninja yang menutup hingga leher, bisa menjadi bergo untuk olahraga. Pilih yang berbahan rayon atau katun agar nyaman.
  8. Ciput bisa berfungsi sebagai pengoreksi bentuk wajah. Buat Fams berwajah bulat, pilih ciput yang warnanya tidak kontras dengan warna kulit untuk mendapatkan ilusi wajah lebih oval. Sementara Fams yang memiliki wajah berahang tegas, pilih ciput warna gelap untuk melembutkan garis tegasnya.

Gaya Kerudung yang Sedang Digemari

Gaya Kerudung yang Sedang Digemari

Gaya berkerudung muslimah Indonesia memang dinamis. Silih berganti setiap tahunnya. Hal ini sangat dipengaruhi oleh tren pada busana muslim dan gaya hidup kebanyakan komunitas muslimah.

Di awal tahun 2018 misalnya, gaya berkerudung segiempat atau scarf mulai difavoritkan kembali. Puncaknya di 3 bulan terakhir, seiring dengan membanjirnya scarf motif di pasar hijab.       

Namun kembalinya gaya berkerudung segiempat tidak serta merta mengulang apa yang pernah digandrungi di tahun-tahun sebelumnya, di mana scarf dipakai dalam berbagai kreasi. Kali ini, scarf tampil dalam gaya simple. Fokus gayanya justru ada pada motif yang teraplikasi di scarf. Inilah yang membuat para wanita berhijab beralih mengenakan scarf motif.

Kegandrungan ini akan terus berlanjut hingga tahun 2019. Gaya berkerudung segiempat yang simpel, hanya diikat ke belakang kedua ujungnya atau gaya Turki dengan simpul di depan, akan tetap jadi favorit.

Demikian juga gaya simple dengan menarik satu sisi segitiga yang menjulur di depan ke salah satu sisi lalu disematkan bros. Gaya ini banyak diikuti Muslimah yang ingin berkerudung panjang dengan menggunakan scarf bermotif.

Tak pernah tertinggal tren adalah gaya tegak di bagian dahi. Bahan scarf yang bisa mendukung gaya ini, pasti jadi incaran. Bersyukur jenis bahan pembuat scarf semakin bervariasi, memudahkan Muslimah untuk memilih bahan yang sesuai selera.

Gaya tegak dalam berkerudung segiempat membutuhkan ciput sebagai aksesoris pendukung. Ini membuat ciput tetap diminati untuk menutup dan merapikan anak rambut yang sering jatuh di dahi. Nah Fams, kalau kamu suka gaya simple yang mana ya?