elzatta X Chacha Frederica klik disini

Blog Elzatta

Kiat Merawat Baju Berbahan Chiffon

Bahan chiffon telah lama dipakai dalam busana perempuan. Sifatnya yang lembut melayang dan ringan, disukai perempuan modern.

 

Chiffon, bahan dari serat buatan polyester, yang dibuat untuk menyerupai bahan viscose ini, punya keunggulan, yaitu mudah dirawat. Seperti apa cara merawatnya? Simak ya!

 

Pencucian

Cuci dengan mesin dapat dilakukan dengan memisahkan busana chiffon dari busana berbahan tebal dan berat seperti jeans dan corduroy. Boleh memakai detergen dalam jumlah yang tidak berlebihan.

 

Pengeringan

Keringkan dengan mesin untuk hasil cepat atau bisa juga langsung dijemur. Pilih lokasi teduh agar warna awet.

 

Penyetrikaan

Atur setrika pada temperatur sedang atau rendah. Chiffon biasanya tidak terlalu kusut. Setrika dengan temperatur panas, bisa melelehkan bahan chiffon, hati-hati ya!

 

Penyimpanan

Boleh dilipat, tetapi mengingat bahan chiffon licin, lebih mudah jika disimpan dengan cara digantung.

Pilihan Motif, Gambarkan Kepribadianmu

Setiap orang memiliki kesukaan tersendiri, akan motif baju atau kerudung yang dipakainya. Pilihan pada suatu motif, biasanya sangat dipengaruhi oleh tipe kepribadian yang dimiliki.

 

Motif Bunga atau Floral

Orang yang memilih motif ini, cenderung lemah lembut, feminin, dan lebih suka diam memperhatikan, agak romantis tapi sedikit sensitif. Dan jika berkaitan dengan waktu, biasanya lebih disiplin. Penyuka floral juga senang jalan-jalan dan mudah melihat sisi positif orang lain yang kadang tidak terbaca oleh kebanyakan orang.

 

Motif Kotak-kotak

Penyuka kotak-kotak gingham biasanya mereka yang mudah mempengaruhi orang lain dan punya jiwa kepemimpinan. Sementara kotak-kotak tartan adalah mereka yang suka dengan gaya klasik tapi chic, dan selalu ingin mencapai pendidikan yang lebih tinggi

 

Motif Polkadot

Motif ini seringkali dipilih oleh orang-orang yang happy-go-lucky. Mereka adalah pribadi yang ramah, ceria, memiliki cara pandang yang positif dan selalu optimis.

 

Motif Animal Skin

Pribadi yang penuh semangat, menyukai kebebasan, cenderung dominan dan jadi rujukan banyak orang karena sikap kepemimpinannya, sangat menyukai motif ini.

 

Motif Paisley

Penggemar paisley (atau motif biji timun) adalah mereka yang kepincut gaya klasik dan tidak suka “aneh-aneh” dalam berpakaian. Paisley adalah motif yang berasal dari Persia dan kental dengan tradisi spiritual. Rata-rata penyuka paisley adalah pribadi yang bijak.

 

Motif Stripes (Garis)

Tidak ada area abu-abu bagi penggemar motif garis. Mereka sangat tegas dan bisa memilah dengan baik, urusan pribadi maupun bisnis. Mereka juga perencana ulung dan punya keseimbangan hidup yang baik.

 

(sumber: www.bustle.com)

Cerita Sarimbit

Lebaran yang sebentar lagi tiba, tidak bisa dipisahkan dari gaya berbusana khasnya, yaitu sarimbit.

 

Walaupun sulit mencari sejarah awal sarimbit, tapi bisa dilihat bahwa sarimbit, mulanya adalah seragam yang dipakai dalam acara adat pernikahan. Di mana orangtua kedua mempelai memakai baju dan kain tradisional yang sama motif.

 

Kuat sekali indikasi sarimbit berasal dari tradisi memakai batik. Dari kain batik ini pula, kepopuleran sarimbit berasal. Produsen batik membuat bahan batik yang sudah terpola untuk kemeja pria dan pasangannya, busana wanita dan dijual dalam satu set.

 

Kini sarimbit juga dikenal dengan istilah "busana couple". Tidak lagi terbatas pada busana motif batik tapi meluas menjadi seragam untuk keluarga, mulai kakek-nenek, suami-istri, hingga anak-cucu.

 

Tradisi seragam atau sarimbit ini jadi favorit ketika lebaran tiba. Biasanya untuk keperluan dokumentasi, supaya terlihat asri dan apik.

 

Acara yang lebih kasual pun, seperti arisan dan reunian, seringkali mensyaratkan peserta dengan kode pakaian tertentu. Disebut dress code dalam dunia fashion barat, atau sarimbit dalam kearifan lokal Indonesia.

 

Apa sudah ada bayangan, akan memakai sarimbit yang seperti apa untuk merayakan Lebaran tahun ini? Yuk cari yang Fams mau di deretan Koleksi Sarimbit Elzatta.

Tips Bersarimbit untuk Remaja

Tak terasa ya, sebentar lagi kita akan berlebaran. Biasanya yang paling dinanti adalah bersarimbit ria sekeluarga. Hanya saja, seringkali remaja menolak sarimbitan dengan orangtua karena kurang suka dengan gaya baju yang dipakai.

 

Nah, bagaimana supaya bersarimbit bikin nyaman, khususnya buat remaja yang kadang punya gaya sendiri?

 

Bersyukur, Elzatta kini punya koleksi sarimbit yang semakin variatif, baik dari segi bahan, desain, warna maupun motif. Beberapa dari koleksi itu, pas untuk kalangan remaja yang suka busana simpel dengan motif yang tidak terlalu ramai.

 

Kalau motif bunga biasanya dihindari remaja karena terlihat seperti ibu-ibu, sebaliknya motif etnik salur bisa jadi pilihan, baik untuk remaja laki-laki maupun remaja perempuan. Lengkapi sarimbit motif dengan scarf polos warna senada, tapi pilih yang tone warnanya cerah. Untuk sarimbit polos, padankan dengan scarf motif geometrik.

 

Sarimbit Elzatta, salahsatu yang difavoritkan jelang Lebaran ini. Supaya tidak kehabisan, Fams bisa datang langsung ke galeri Elzatta di seluruh Indonesia ataupun berbelanja di www.elzatta.com.

Trend Aksesoris Hijab 2019

Seperti halnya busana, aksesoris setiap tahun juga memiliki trend tersendiri. Khusus untuk Fams semua, saya berikan beberapa aksesoris yang diperkirakan akan trend di tahun ini dan cocok diaplikasikan pada gaya busana Muslimah.

 

  1. Perhiasan bros berbentuk logo brand. Materialnya bervariasi dari bronze keemasan yang polos simpel sampai logo yang ditaburi bebatuan kristal atau mutiara.
  2. Head piece berbentuk crown atau bando, juga terlihat akan jadi favorit. Ini bermaterial mutiara, baik yang desainnya langsing, maupun lebar. Buat Fams yang berhijab, head piece ini, bisa jadi statement trendy untuk pesta.
  3. Perhiasan kalung maupun bros dan lainnya yang terbuat dari kristal dan berlian akan "in" tahun ini.
  4. Untuk tas, tote bag tetap paling popular. Tahun ini ukuran tote bag raksasa akan mewarnai trend fashion terbaru. Pastikan memilih ukuran tote bag yang sesuai dengan figur tubuh ya Fams.
  5. Adapun sepatu, banyak dipilih yang ber-hak tinggi, tapi tidak berbentuk high heels.